Tracert Study

Alumni Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi

Universitas Hamzanwadi

Website Universitas Hamzanwadi Secara Umum

 

Hadapi Industri 4.0

Category: Informasi Terbaru Published: Friday, 05 April 2019 Written by Super User

Hadapi Industri 4.0, Literasi Digital untuk Generasi Milenial Dinilai Penting

HMPS TI Universitas Hamzanwadi bekerjasama dengan Sanggar IT Lombok dan Agromina.id Menggelar Workshop Literasi Digital dengan tema "Implementasi IT dalam industri 4.0 guna menumbuhkan ekonomi lokal" yg bertempat di Lab. 2 Fakultas Teknik Universitas Hamzanwadi, Sabtu (9/3/19)

Bang Yazid Sururi (Insiator Jukung Hub) dalam materinya banyak mengupas filosopis dan historis dari Jukung (Sebuah teluk yang menjadi tempat istimewa karena memiliki jejak peradaban dan budaya yang kuat), beliau juga mengingatkan konsep Sekolah yang sesungguhnya untuk meluruskan paradigma kita bahwa sesungguhnya sekolah itu tidak hanya belajar untuk menggapai nilai yang memuaskan.

Dalam materinya beliau menekankan pentingnya kontribusi kita sebagai anak muda dalam menumbuhkan Ekonomi Lokal sekaligus menjaga kearifan lokal di dalamnya. Untuk itu beliau banyak menyebut istilah 'Kolaborasi' dan berpesan bahwa "Seluruh pihak terkait pembinaan literasi digital perlu berkolaborasi dan berkreasi.

Dengan begitu, manfaatnya dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas serta dapat memberikan manfaat yang sebanyak-banyaknya".

Kemudian di sesi kedua. Kita mendengar penyampaian materi dr Bang Harry Sunaryo selaku Founder Sanggar IT, dengan mencoba membuka pemahaman anak muda bagaimana perlunya menjaga perilaku dalam bermedia sosial dengan menanamkan semangat Literasi Digital.

Hal2 negatif begitu banyak di internet dan perlu adanya kemampuan untuk memfilterisasi informasi yang beredar. Pemateri mengingatkan juga bahwa "Satu-satunya cara melawan Konten Negatif adalah dengan memperbanyak Konten Positif." Tegasnya

Materi terakhir termasuk menjadi materi yang terasik karena mendengarkan bagaimana bang Faisal Hidayat Bsm CEO Agromina.id merintis startupnya.

Mulai dari kegalauannya dengan urusan kuliah yang membuatnya merasa tidak mendapat kemampuan yang spesial walau sudah berkuliah lebih dari 2th.

Ia merasa materi2 yang ia dapat tidak dapat menjaminnya untuk mendapat pekerjaan yang layak di luar sana. Untuk itu ia merasa mulai tersadar dan mengerti bahwa penerapan ilmu dan sumber ilmu yang sesungguhnya itu dapat di temukan di dalam masyarakat itu sendiri.

Ishak Baedhowi selaku Ketua HMPS TI Menambahkan : "Sebuah momen yang lengkap dan luar biasa karena dapat berdiskusi langsung juga dengan para narasumber di tambah lagi antusiasme dari para peserta yang terlihat menikmati suasana". Ungkapnya

Terimakasih untuk semuanya. Alhamdulillah acaranya berjalan dengan lancar. 😊

Hits: 546

HAMZANWADI.AC.ID

CONTACT US

+62 0376 23681 
Jalan Prof M. Yamin No. 35 
Selong , Lombok Timur - NTB 
83611 
Also reach us on 
Github  |    Facebook  |   Twitter 
Google Play